Tips Merawat Motor agar Warna Cat Tetap Mengkilap

Merawat motor merupakan satu bentuk kepedulian kita terhadap kendaraan kita. Perawatan ini kita lakukan untuk menjaga agar motor kita awet dan selalu siap saat kita butuhkan.

Tips Menjaga Warna Cat Motor

Salah satu daya pemikat motor adalah warna catnya. Tidak heran jika pada saat kita membeli motor baru, maka salah satu pertimbangan yang kita jadikan penentu keputusan pembelian motor adalah warna motor.

Bahkan, ada sementara orang mengatakan bahwa warna motor menentukan harganya. Semakin bagus warnanya, semakin bagus harganya. Walau sebenarnya tidak seperti itu sebab jika catnya  bagus berarti motor tersebut dapat kondisi terawat bagus. Jika kusam berarti tidak terawat, apalagi jika sampai tergores-gores.

Beberapa tips menjaga warna cat motor, antara lain :

•    Saat mencuci motor jangan memakai deterjen

Salah satu bahan yang terdapat di dalam detergen adalah soda api. Soda api ini mempunyai sifat dapat menggerus atau menghancurkan unsur lainnya, termasuk dalam hal ini adalah cat. Jika kita mencuci dengan menggunakan, maka cat dapat tergerus dan akhirnya warnanya memudar.

Oleh karena itulah, maka agar warna cat motor tidak cepat memudar atau kusam, maka sebaiknya kita tidak menggunakan sabun yang mengandung soda api, misalnya detergen. Untuk itu, sebaiknya kita menggunakan sampo khusus untuk mencuci motor, yang didalamnya tidak mengandung soda api.

•    Jangan memakai kain kasar

Saat mengelap motor, jangan menggunakan kain kasar. Kain yang memiliki permukaan kasar menyebabkan tergoresnya permukaan cat. Jika hal ini terjadi, maka kondisi cat menjadi rusak dan memburamkan warna cat.

Untuk itu sebaiknya kita menggunakan kain yang lembut pada saat mengelap permukaan cat motor. Dan. Sebaiknya kain tersebut dapat meresap air dengan baik.

•    Jangan memarkir motor di tempat yang panas

Sinar matahari yang langsung mengenai permukaan cat merupakan salah satu penyebab buramnya warna cat motor. Panasnya sinar matahari yang langsung mengenai permukaan cat menyebabkan terjadinya reaksi kimia dan terurainya ikatan kimai dalam cat. Selanjutnya hal tersebut menyebabkan warna cat memburam.

•    Jangan terkena bensin
Dalam larutan bensin terdapat beberapa unsur yang ternyata jika terkena cat ternyata mampu melakukan reaksi kimia dengan penguraian unsur-unsur di dalam cat. Seperti kita ketahui, bensin dapat dijadikan sebagai pengencer cat, sehingga jika bensin mengenai permukaan cat, maka secara langsung cat dapat terencerkan, walaupun tidak secara total.

Reaksi yang terjadi antara cat dengan bensin menyebabkan permukaan cat jadi buram dan tidak mengkilap lagi. Oleh Karena itulah, untuk menjaga agar cat motor tidak memburam, maka kita harus menghindarkan cat dari bensin.

Dengan memperhatikan tips dan hal-hal yang perlu kita lakukan agar warna cat tidak memudar, setidaknya kita dapat merawat motor agar tetap awet mengkilap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s